Thursday 3 July 2014

PENIPUAN BERKEDOK UNDIAN BERHADIAH VIA TELPON

Hari ini, sekitar pukul 10 pagi tiba-tiba hape berdering, pas gw liat di layar hape muncul nomor 082398622111.. Gw bingung itu siapa, berhubung gw kerja di kantor notaris yang hampir setiap harinya gw pasti ditelpon sm klien-klien yg artinya setiap hari pasti ada nomor-nomor baru yg telpon ke gw. Pas lihat ada yang telpon otmoatis lgsg gw angkat, and ternyata itu PENIPUAN kenapa gw bilang penipuan karna pas gw bilang "halo" sang penelpon itu lgsg nyerocos bilang gw dapet hadiah 15 juta cash plus pulsa 1 juta rupiah. Gw bingung padahal gw ga pernah ikut-ikut kaya gitu.


Berikut transkip pembicaraannya:
Saya: Halo
Penipu : Selamat Pagi ibu. pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat bahwa ibu telah menjadi pemenang dari undian Telkomsel yang diadakan tadi malam.

Saya : Apa? (berhubung hape gw volumenya kecil jadinya gw ga dnger tuwh orang ngomong apa, alhasil tuwh penipu mengulangi lagi omongannya yg sebelumnya)
Penipu : Selamat Pagi ibu. pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat bahwa ibu telah menjadi pemenang dari undian Telkomsel yang diadakan tadi malam.

Saya : Terus ada apa ya telpon saya?
Penipu : Bagaimana siyh ibu kok tidak seneng saya beritahu kabar gembira.

saya : terus saya musti gimana saya musti teriak-teriak gitu ya
penipu : minimal ibu bilang terimakasihlah sama saya trus tanya nama saya siapa.

Gw udah twu itu pasti nipu, karna dy ngomongnya bgitu gw jadi tambah yakin kalo itu emang penipuan. berhubung gw lagi ga ada kerjaan yaudah gw ladenin ajj telponnya toh bukan gw ini yg telpon tapi dy yang telpon gw. Karena gw punya blog jadi sekalian dewh bagi-bagi pengalaman buat yg lain supaya jgn ketipu..  :D :D

saya : oke saya terimakasih, ini dengan bapak siapa ya?
penipu : saya dokterandes (mungkin maksudnya mwu nyebut Drs x ya) Julius .... bagian marketing dari PT. Telkomsel (gw lupa namanya siapa karna gw juga ga begitu dengerin dy ngomong apa, yg jelas ini suara cowo  :D)

saya : owh iya ada apa ya pak?
penipu : lowh kok ibu nanya lagi kan tadi diawal saya udah bilang kalo saya mau kasih info kabar gembira.

saya: oiya saya lupa, iya iya terus terus.
penipu : begini ibu, ibu berhasil mendapat uang 15 juta rupiah ditambah pulsa 1 juta rupiah, untuk itu saya ingin beritahukan bagaimana caranya supaya ibu bisa terima uangnya dan juga pulsanya.

saya : owh gitu, iya iya terus saya musti gimana
penipu : pertama saya ingin tahu nomer rekening ibu agar saya transfer langsung dana ke rekening ibu

saya : owh oke.. 36..........(gw kasih tuwh no. rekening yang jarang gw pake yang isinya juga cuma dikit, karna kan gw pgn twu modusnya secara jelas)
penipu : oke ibu baiklah, rekening ibu itu apa ya nama banknya dan apa ibu sudah pegang kartu atmnya.

saya : itu bank bni, iya sudah terus gimana
penipu : apakah didekat ibu ada atm?

saya : ada niyh
penipu : bagaimana kalo ibu ke atm skrg saya tunggu..

trus dy nanya
penipu : berapa lama jarak ibu ke atm kalo lama nanti saya telpon lagi (dalem hati gw ini orang mungkin baru belajar nipunya biasanya kan yg ditipu yang harus telpon balik dy tapi ini mah engga tuwh penipu setia nungguin gw lama bgd dalem hati gw ya sekalian gw ngecek saldo di tabungan yang itu dewh)

saya : sebentar kok atmnya dideket kantor saya
penipu : baik saya tunggu

saya : ok sebentar saya jalan dulu

jadi tuwh telpon gw taro diatas meja ada sekitar 30 menitlah tapi gw liat di layar hape gw itu telpon masih jalan ajah detiknya. padahal udah gw
tinggal- tinggal ngobrol sm kk gw.

trus gw angkat lagi.
saya : halo
penipu : iya halo apakah ibu sudah ada di atm

saya : lowh saya kira udah dimatiin telponnya ternyata belum ya pak
penipu: iya belum karna kan saya ingin memberi rejeki pada ibu makanya saya setia menunggu.

(kayanya pulsa penipunya banyak kali ya makanya bisa nelpon gw sekitar 1 jam setengah gitu nelpon jam 10 selesainya jam 11.30)

saya : iya saya udah ada di atm
(tiba-tiba suaranya berubah alias tuwh telpon dioper ke perempuan,
*ini jelas-jelas penipuan)

penipu : baiklah ibu ikuti instruksi saya ya

saya : iya
penipu : pertama masukan kartu

gw masukin tuwh kartu atm

saya: udah niyh,  terus
penipu ; ibu masukan pin nya, karna itu rahasia makanya ga usah disebutkan.
(yaiyalah gw juga ga mwu ngasih twu pin gw)

saya : terus terus
penipu : pencet menu lainnya

saya : iya, iya,  terus
(saya memang pencet menu tapi ngecek saldo bukan ngikutin omongannya, Di atm gw ad 267.757 ribu emg sengaja di taro cuma segitu buat potong administrasi bank daripada rekeningnya hangus *aduh malu nulis nominal saldonya :P)

saya : iya udah niyh, terus terus (padahal gw ga pencet, mungkin tuwh penipu udah ngapalin dulu kali ya menu-menu di atm makanya twu banged)


penipu : Masukkan kartu ATM BNI ke mesin ATM BNI -> masukkan nomor PIN kartu > pilih ‘Menu Lainnya’ > pilih ‘Transfer’ > pilih ‘Dari Tabungan’ > pilih ‘Ke Rekening Bank Lain’ > pilih menu ‘T-Cash’ > masukkan Kode T-Cash (911) dan Nomor HP (08111xxxxx) contoh: 9110811123456 > masukkan nominal pengisian saldo > konfirmasi transaksi > transaksi selesai.

(niyh dy ngomongin sesuai bgd sama tulisan ini, tulisan ini saya ambil dari google)


saya : iya iya iya terus
penipu : masukkan nominal 100 ribu rupiah 

saya : iya iya iya.(padahal kartunya udah gw keluarin dari atm, gw jugga udah jalan keluar dari atm menuju kantor, berhubung deket jadi gw jalan kaki dewh *curcol)

saya: iya iya iya
(kayanya penipunya mulai kesel kok ga masuk-masuk uangnya, trus ngomong gini)
penipu : ibu, ibu tuwh dilakuin ga siyh apa yg saya suruh daritadi cuma iya iya aja.

saya : ya dilakuinlah gimana siyh mba, mba ini ngomongnya nyolot bgd kan saya yg dapet hadiah ga usah sewot kaya gitu dong.

penipu : iya iya bu maaf
(saya ketawa waktu dy minta maaf, trus dy mengulangi lagi omongannya) 

penipu :  Masukkan kartu ATM BNI ke mesin ATM BNI -> masukkan nomor PIN kartu > pilih ‘Menu Lainnya’ > pilih ‘Transfer’ > pilih ‘Dari Tabungan’ > pilih ‘Ke Rekening Bank Lain’ > pilih menu ‘T-Cash’ > masukkan Kode T-Cash (911) dan Nomor HP (08111xxxxx) contoh: 9110811123456 > masukkan nominal pengisian saldo > konfirmasi transaksi > transaksi selesai.

saya : iya sudah terus gimana
(ketika saya jawab itu saya  sudah masuk ke kantor, and lagi duduk di ruang tamu

(PENIPU MENYURUH SAYA MASUKKAN KODE 911, SETELAH SAYA CARI DI GOOGLE APA ARTI KODE TERSEBUT TERNYATA ITU TCASH UNTUK PENGISIAN PULSA PRAKTIS)

penipu : iy ibu masukkan nominalnya
saya : iy sudah tapi kok ga bisa ya ini invalid lowh tulisannya. 
penipu : tulisannya gimana ya 
saya : ini invalid transaction, saya bacain ya mba tulisan di atmnya Your destination account is invalid because the person who has this account is MORON.   
(itu tulisan sebenernya ga ada di layar atm, gw cuma mengarang bebas aja)

penipu : itu artinya apa ya bu
saya : wah saya ga tau tuwh kan mba yang kerja di telekomunikasi masa bahasa inggris ga ngerti

penipu : yaudah ibu coba diulang lagi caranya

(karna saya udah mulai ada kerjaan ngetik akta makanya saya sudahi saja lah ditelpon sama marketing penipunya)

saya : sudah ya mba waktu saya terbuang niyh saya mwu balik kerja lagi
penipu : jadi ibu tidak mau hadiahnya?
saya : tidak mba terimakasih, berhubung saya abis gajian jadi saya ga perlu duit dari mba.duit saya buat mba ajjah.

penipu : dasar it*l lw bu.. dasar sialan!! (ngomongnya kotor ya operatornya :P)
saya : kok mba marah padahal kan  saya kasih mba uangnya.

penipu : KLIK. (langsung ditutup)


PANJANG BANGED YA PERCAKAPANNYA, SAYA SAMPE PEGEL NIYH NULISNYA. TAPI GPP KOK SAYA SENENG NULIS INI, KARNA SAYA GA MAU ADA ORANGLAIN TERKENA MUSIBAH SEPERTI INI.

Setelah sang penipu tutup telponnya saya langsung telpon call center telkomsel 118 dari hape and mengadukan kejadian yang barusan saya alami, saya memberitahukan bahwa no telpon 082398622111 telah melakukan penipuan. Saya juga minta untuk segera ditangani karna saya kasihan kalau ada oranglain yang nantinya terkena musibah seperti ini.



SEKIAN
SASHA HAMSHA STEPHANY--- 03 JULI 2014

No comments:

Post a Comment

Thanks for your response